Home » , , » Ubah Limbah Botol Plastik Menjadi Pendingin Ruangan

Ubah Limbah Botol Plastik Menjadi Pendingin Ruangan


Ubah Limbah Botol Plastik Menjadi Pendingin Ruangan, Eco Cooler Pendingin Udara Tanpa Listrik

Grey Dhaka dan Grameen Intel Social Bussiness Ltd menciptakan Eco Cooler, Yaitu sebuah pendingin udara tanpa listrik yang menggunakan limbah botol plastik sebagai bahan utamanya. Dengan limbah plastik yang mudah didapatkan dan tanpa menggunakan listrik, Eco Cooler dapat menurunkan suhu di dalam rumah hingga 5 derajat celcius.

Pembuatan Eco Cooler sangat mudah, bahan yang dibutuhkan hanya botol plastik dan papan. Pertama, pada papan dibuat lubang-lubang seukuran mulut botol plastik. Kedua, badan botol plastik dipotong setengah bagian. Ketiga, antara papan dan botol-botol disusun, lalu dipasang pada dinding di rumah, dan posisi Eco Cooler disesuaikan dengan arah aliran angin untuk mendapatkan penurunan suhu yang optimal. Panduan lengkap pembuatan Eco Cooler dapat diunduh di sini.

Ubah Limbah Botol Plastik Menjadi Pendingin Ruangan, Eco Cooler Pendingin Udara Tanpa Listrik

Eco Cooler memiliki prinsip kerja yang sederhana, sama seperti ketika kita meniupkan udara melalui mulut, coba Anda tiupkan udara dengan posisi mulut yang terbuka lebar, dan tiupkan udara dengan mulut yang terbuka kecil. Anda dapat membedakan mulut yang terbuka kecil memiliki suhu yang lebih dingin.

Ubah Limbah Botol Plastik Menjadi Pendingin Ruangan, Eco Cooler Pendingin Udara Tanpa Listrik

Lebih dari 70% penduduk pedesaan Bangladesh tinggal di rumah yang terbuat dari seng, dan selama musim panas yang panjang suhu di dalam rumah seng tersebut dapat mencapai 45 derajat celcius, dengan kondisi ekonomi yang buruk dan infrastruktur listrik yang belum memadai maka muncul lah sebuah ide yaitu Eco Cooler Pendingin Udara Tanpa Listrik.

Catatan : Bisa juga dimodifikasi menggunakan sirkulasi kipas angin jika sudah ada listrik.

0 komentar:

Posting Komentar